Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dan Interaksi Anak Dengan Orang Tua Di TK Tunas Harapan 1 Kecamatan Tanah Grogot
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan gadget dengan lama penggunaan yang tidak terkontrol oleh orang tua pada anak usia dini dapat mengakibatkan dampak negatif, salah satunya ialah kurangnya interaksi antara anak dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama penggunaan gadget dan Interaksi anak dengan orang tua di TK Tunas Harapan 1 Kecamatan Tanah Grogot. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 32 orang responden. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari-November 2022 di TK Tunas Harapan 1 Kecamatan Tanah Grogot. Dari hasil uji statistik menggunakan SPSS dengan menggunakan uji Fisher exact didapatkan nilai < α = 0,05, maka terdapat hubungan lama penggunaan gadget dan interaksi anak dengan orang tua di TK Tunas Harapan 1 Kecamatan Tanah Grogot. Lama penggunaan gadget yang tinggi akan mengakibatkan interaksi anak dengan orang tua menjadi berkurang karena anak terlalu lama bermain gadget sehingga bisa mempengaruhi perkembangan aspek sosialnya. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lama penggunaan gadget dan interaksi anak dengan orang tua di TK Tunas Harapan 1 Kecamatan Tanah Grogot. Diharapkan orang tua memberikan pembatasan, pengawasan dan lebih selektif dalam pemberian izin anak dalam menggunakan gadget dan mengajak anak untuk berinteraksi secara langsung.
References
Damayanti, E., Ahmad, A. and Bara, A. (2020) ‘Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako’, Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 4(1), pp. 1–22. doi:10.21274/martabat.2020.4.1.1-22.
Dinda Berliana, Laily Rosidah and Tri Sayekti (2022) ‘Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun’, Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), pp. 23–37. doi:10.19105/kiddo.v3i1.5065.
Fajrina, H.N. (2019) ‘Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan’. CNN Indonesia. Available at: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan.
Juniah and Edita Revine Siahaan (2022) ‘Hubungan penggunaan gadget terhadap perubahan interaksi sosial pada anak’, 4(2), pp. 55–62.
Maulida et al. (2020) ‘Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), p. 287.
Miranti, P. and Putri, L.D. (2021) ‘Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini’, Jendela PLS, 6(1), pp. 58–66. Available at: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/3205.
Pebriana, P.H. (2017) ‘Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), p. 1. doi:10.31004/obsesi.v1i1.26.
Suhana, M. (2018) ‘Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development’, 169(Icece 2017), pp. 224–227. doi:10.2991/icece-17.2018.58.
Sujianti, S. (2018) ‘Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap’, Jurnal Kebidanan, 8(1), p. 54. doi:10.31983/jkb.v8i1.3735.
Sunita, I. and Mayasari, E. (2018) ‘Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak’, Jurnal Endurance, 3(3), p. 510. doi:10.22216/jen.v3i3.2485.
Syifa, L., Setianingsih, E.S. and Sulianto, J. (2019) ‘Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), p. 538. doi:10.23887/jisd.v3i4.22310.
Al Ulil Amri, M.I., Bahtiar, R.S. and Pratiwi, D.E. (2020) ‘Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’’, Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), p. 14. doi:10.30742/tpd.v2i2.933.
wahyu novitasari (2016) ‘Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial’, Uns, 4(September), pp. 56–63.
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.