Pengaruh Innovation Based Learning (IBL) Menggunakan Media Breastfeeding Flash Card (BFC) terhadap Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan tentang Menyusui

Authors

  • Anggun Mega Lestari Lestari Kebidanan
  • Hanifatur Rosyidah Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Muliatul Jannah Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Keywords:

BFC, Breastfeeding Knowledge, Midwife Assistance

Abstract

Manfaat Peningkatan pemberian ASI secara global berpotensi mencegah 823.000 angka atau 13.8% kematian tahunan pada anak-anak dibawah 5 tahun dan menurunkan angka kematian neonatus sekitar 22% serta mencegah pertambahan sebanyak 20.000 kasus kanker payudara pada perempuan setiap tahunnya.Bidan mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan cakupan ASI eksklusif yaitu dengan cara memberikan edukasi mengenai menyusui.Oleh karena itu sangat penting untuk mempersiapkan calon bidan agar berhasil dalam menjalankan peran mereka secara efektif dalam memberikan pelayanan pada ibu dan bayi di lingkungan masyarakat luas, persiapan harus dimulai dari Institusi. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IBL dengan media BFC terhadap pengetahuan mahasiswa Kebidanan tentang menyusui.pretest-posttest Quasi Eksperimental, dilakukan pada tahun 2023. dengan 64 mahasiswa Kebidanan, 32 kelompok kontrol dan 32 kelompok eksperimen. sebelum intervensi dilakukan pretest untuk mengevaluasi pengetahuan responden, intervensi berupa Pembelajaran IBL dengan media BFC. dilakukan posttest untuk mengevaluasi pengetahuan responden sebelum intervensi, uji mann whitney, wilcoxon.adanya perbedaan pengetahuan yang signifikan antara kedua kelompok sebelum dan sesudah intervensi pvalue 0.000. adanya pengaruh pembelajaran IBL dengan media BFC terhadap pengetahuan mahasiswa kebidanan pvalue 0.015pembelajaran IBL dengan media BFC yang dilakukan efektif sebagai pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan tentang menyusui pada mahasiswa kebidanan

References

Ahmed, A., & el-Guindy, S. R. (2011). Breastfeeding knowledge and attitudes among Egyptian baccalaureate students. International Nursing Review, 58(3), 372–378. https://doi.org/10.1111/j.1466-7657.2011.00885.x

Anderson, H. M., & Ph, D. (1969). P erspective S for Pharmacy Educators Dale ’ s Cone of Experience.

Arsona, asih dwi. (2014). The effect of reproductive health education the students’ knowladge and attitude in medical facultyuniversity of muhammadiyah Surakarta.

Balogun, O. O., Dagvadorj, A., Anigo, K. M., Ota, E., & Sasaki, S. (2015). Factors influencing breastfeeding exclusivity during the first 6 months of life in developing countries: a quantitative and qualitative systematic review. Maternal & Child Nutrition, 11(4), 433–451. https://doi.org/10.1111/mcn.12180

Campbell, S. H., de Oliveira Bernardes, N., Tharmaratnam, T., & Mendonça Vieira, F. V. (2022). Educational Resources and Curriculum on Lactation for Health Undergraduate Students: A Scoping Review. Journal of Human Lactation : Official Journal of International Lactation Consultant Association, 38(1), 89–99. https://doi.org/10.1177/0890334420980693

Čatipović, M., Marković, M., & Grgurić, J. (2021). EFFECTS OF A BREASTFEEDING EDUCATIONAL INTERVENTION ON SECONDARY SCHOOL STUDENTS AFTER 6 MONTHS. Acta Clinica Croatica, 60(4), 569–578. https://doi.org/10.20471/acc.2021.60.04.02

Donny Nurhmasyah, Mendri, N. K., & Wahyuningsih, M. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Tentang Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (Krr) Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Keperwatan Respati, 2(2), 67–83.

Drs. Haris Budiman, M. P. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 5–24.

Dzulkifli, M. A., & Mustafar, M. F. (2013). The influence of colour on memory performance: a review. The Malaysian Journal of Medical Sciences : MJMS, 20(2), 3–9.

Gavine, A., MacGillivray, S., Renfrew, M. J., Siebelt, L., Haggi, H., & McFadden, A. (2016). Education and training of healthcare staff in the knowledge, attitudes and skills needed to work effectively with breastfeeding women: a systematic review. International Breastfeeding Journal, 12, 6. https://doi.org/10.1186/s13006-016-0097-2

Ho, Y.-J., & McGrath, J. M. (2016). Effectiveness of a Breastfeeding Intervention on Knowledge and Attitudes Among High School Students in Taiwan. Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing : JOGNN, 45(1), 71–77. https://doi.org/10.1016/j.jogn.2015.10.009

Ilahi, M. R. (2022). Pengaruh media flash card terhadap pengetahuan remaja tentang bahaya merokok di smp negeri 21 kota bengkulu.

Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61.

Lahung, E., Sudarman, S., & Muharti Syamsul. (2022). Pengaruh Leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan praktek mahasiswa kebidanan dalam upaya pemberian ASI eksklusif. 4(2), 116–123.

Ma Carmen Hernández Pérez, N. Marta Díaz-Gómez, Ana Ma Romero Manzano, J. M. D. G. (2018). Efectos de una intervencion improvisada sobre la actitud de adolescentes. Rev Esp Salud Pública, 1–12.

Maulida, C., Mukhlisah, I., Dian, A., Pratiwi, Maulida, A. R., Fahriani, A. N., & Rohmah, H. N. (2022). Model pembelajaran inovatif alternatif model pembelajaran masa pandemi (L. H. Amin (ed.)). Lakeisha.

Mcfadden, A., Gavine, A., Mj, R., Wade, A., Buchanan, P., Jl, T., Veitch, E., Am, R., Sa, C., Neiman, S., Macgillivray, S., Mcfadden, A., Gavine, A., Mj, R., Wade, A., Buchanan, P., Jl, T., Veitch, E., Am, R., … Macgillivray, S. (2017). Support for healthy breastfeeding mothers with healthy term babies (Review). https://doi.org/10.1002/14651858.CD001141.pub5.www.cochranelibrary.com

McLeod, K., Waller, J., & Wyatt, T. R. (2021). McLeod, K., Waller, J., & Wyatt, T. R. (2021). Using Videos to Teach Medical Learners How to Address Common Breastfeeding Problems. MedEdPORTAL : The Journal of Teaching and Learning Resources, 17, 11136. https://doi.org/10.15766/mep_2374-8265.11136Using . MedEdPORTAL : The Journal of Teaching and Learning Resources, 17, 11136. https://doi.org/10.15766/mep_2374-8265.11136

Rahmawati, S., Saraswati, D., & Lina, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Flash Card Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Pencegahan Stunting. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(1), 395–405.

Safitri, A., & Puspitasari, D. A. (2019). Upaya Peningkatan Pemberian Asi Eksklusif Dan Kebijakannya Di Indonesia. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 41(1), 13–20. https://doi.org/10.22435/pgm.v41i1.1856

Sandhi, A., Nguyen, C. T. T., Lin-Lewry, M., Lee, G. T., & Kuo, S.-Y. (2023). Effectiveness of breastfeeding educational interventions to improve breastfeeding knowledge, attitudes, and skills among nursing, midwifery, and medical students: A systematic review and meta-analysis. Nurse Education Today, 126, 105813. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2023.105813

Ahmed, A., & el-Guindy, S. R. (2011). Breastfeeding knowledge and attitudes among Egyptian baccalaureate students. International Nursing Review, 58(3), 372–378. https://doi.org/10.1111/j.1466-7657.2011.00885.x

Arsona, asih dwi. (2014). The effect of reproductive health education the students’ knowladge and attitude in medical facultyuniversity of muhammadiyah Surakarta.

Balogun, O. O., Dagvadorj, A., Anigo, K. M., Ota, E., & Sasaki, S. (2015). Factors influencing breastfeeding exclusivity during the first 6 months of life in developing countries: a quantitative and qualitative systematic review. Maternal & Child Nutrition, 11(4), 433–451. https://doi.org/10.1111/mcn.12180

Campbell, S. H., de Oliveira Bernardes, N., Tharmaratnam, T., & Mendonça Vieira, F. V. (2022). Educational Resources and Curriculum on Lactation for Health Undergraduate Students: A Scoping Review. Journal of Human Lactation : Official Journal of International Lactation Consultant Association, 38(1), 89–99. https://doi.org/10.1177/0890334420980693

Čatipović, M., Marković, M., & Grgurić, J. (2021). Effects of a breastfeeding educational intervention on secondary school students after 6 months. Acta Clinica Croatica, 60(4), 569–578. https://doi.org/10.20471/acc.2021.60.04.02

Donny Nurhmasyah, Mendri, N. K., & Wahyuningsih, M. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Tentang Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (Krr) Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Keperwatan Respati, 2(2), 67–83.

Drs. Haris Budiman, M. P. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 5–24.

Dzulkifli, M. A., & Mustafar, M. F. (2013). The influence of colour on memory performance: a review. The Malaysian Journal of Medical Sciences : MJMS, 20(2), 3–9.

Gavine, A., MacGillivray, S., Renfrew, M. J., Siebelt, L., Haggi, H., & McFadden, A. (2016). Education and training of healthcare staff in the knowledge, attitudes and skills needed to work effectively with breastfeeding women: a systematic review. International Breastfeeding Journal, 12, 6. https://doi.org/10.1186/s13006-016-0097-2

Ho, Y.-J., & McGrath, J. M. (2016). Effectiveness of a Breastfeeding Intervention on Knowledge and Attitudes Among High School Students in Taiwan. Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing : JOGNN, 45(1), 71–77. https://doi.org/10.1016/j.jogn.2015.10.009

Ho, Y.-J., & McGrath, J. M. (2016). Effectiveness of a Breastfeeding Intervention on Knowledge and Attitudes Among High School Students in Taiwan. Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing : JOGNN, 45(1), 71–77. https://doi.org/10.1016/j.jogn.2015.10.009

Ilahi, M. R. (2022). Pengaruh media flash card terhadap pengetahuan remaja tentang bahaya merokok di smp negeri 21 kota bengkulu.

Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61

Lahung, E., Sudarman, S., & Muharti Syamsul. (2022). Pengaruh Leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan praktek mahasiswa kebidanan dalam upaya pemberian ASI eksklusif. 4(2), 116–123.

Ma Carmen Hernández Pérez, N. Marta Díaz-Gómez, Ana Ma Romero Manzano, J. M. D. G. (2018). Efectos de una intervencion improvisada sobre la actitud de adolescentes. Rev Esp Salud Pública, 1–12.

Maulida, C., Mukhlisah, I., Dian, A., Pratiwi, Maulida, A. R., Fahriani, A. N., & Rohmah, H. N. (2022). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF Alternatif Model Pembelajaran Masa Pandemi (L. H. Amin (ed.)). Lakeisha.

Mcfadden, A., Gavine, A., Mj, R., Wade, A., Buchanan, P., Jl, T., Veitch, E., Am, R., Sa, C., Neiman, S., Macgillivray, S., Mcfadden, A., Gavine, A., Mj, R., Wade, A., Buchanan, P., Jl, T., Veitch, E., Am, R., … Macgillivray, S. (2017). Support for healthy breastfeeding mothers with healthy term babies (Review). https://doi.org/10.1002/14651858.CD001141.pub5.www.cochranelibrary.com

McLeod, K., Waller, J., & Wyatt, T. R. (2021). McLeod, K., Waller, J., & Wyatt, T. R. (2021). Using Videos to Teach Medical Learners How to Address Common Breastfeeding Problems. MedEdPORTAL : The Journal of Teaching and Learning Resources, 17, 11136. https://doi.org/10.15766/mep_2374-8265.11136Using . MedEdPORTAL : The Journal of Teaching and Learning Resources, 17, 11136. https://doi.org/10.15766/mep_2374-8265.11136

Rahmawati, S., Saraswati, D., & Lina, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Flash Card Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Pencegahan Stunting. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(1), 395–405.

Safitri, A., & Puspitasari, D. A. (2019). Upaya Peningkatan Pemberian Asi Eksklusif Dan Kebijakannya Di Indonesia. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 41(1), 13–20. https://doi.org/10.22435/pgm.v41i1.1856

Sandhi, A., Nguyen, C. T. T., Lin-Lewry, M., Lee, G. T., & Kuo, S.-Y. (2023). Effectiveness of breastfeeding educational interventions to improve breastfeeding knowledge, attitudes, and skills among nursing, midwifery, and medical students: A systematic review and meta-analysis. Nurse Education Today, 126, 105813. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2023.105813

Sari, I. W. (2019). Gambaran Peran Bidan dalam Mendukung Capaian ASI Eksklusif di Puskesmas Padang Bulan Kota Medan. MENARA Ilmu, XIII(8), 30–38.

Septikasari, M. (2018). Peran Bidan dalam ASI Eksklusif di Kabupaten Cilacap. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2), 109–114. https://doi.org/10.30604/jika.v3i2.93

Unicef. (2022). Pekan Menyusui Sedunia: UNICEF dan WHO serukan dukungan yang lebih besar terhadap pemberian ASI di Indonesia seiring penurunan tingkat menyusui selama pandemi COVID-19. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/pekan-menyusui-sedunia-unicef-dan-who-serukan-dukungan-yang-lebih-besar-terhadap#:~:text=Menurut data Riset Kesehatan Dasar,dari angka di tahun 2019

Wawan, A., & M., D. (2011). teori dan pengukuran pengetahuan sikap dan perilaku manusia. Nuha Medika.

WHO. (2020). Infant and young child feeding. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding

Yamada, C., Itaguchi, Y., & Fukuzawa, K. (2019). Effects of the amount of practice and time interval between practice sessions on the retention of internal models. PloS One, 14(4), e0215331. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0215331

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles