EFEKTIVITAS INTERPROFESSIONAL EDUCATION DALAM SKILL KOLABORASI ANTAR PROFESI
Abstract
Interprofessional Education merupakan kolaborasi antar profesi kesehatan yang dimulai sejak berada di bangku Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah Interprofessional Education Pada Skill Kolaborasi Antar Profesi telah tercapai. Jenis penelitian eksperimental dengan desain pre test dan post test dengan menggunakan kuesioner ICCAS (The Interprofesional Collaborative Competency Attainment Scale) tahun 2018 yang telah tervalidasi. dianalisis menggunakan uji statistic non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini; pada domain Communcation dengan Sig2 tailed 0,00, Collaboration tim 0,00, Responsibility 0,00, collaborative patient/family centre approached 0,00, Conflict Managemen/Resolution 0,00 dan Team Functioning 0,00. Kesimpulan dari penelitian ini Terdapat perbedaan yang bermakna pada parameter Fungsi tim, Kolaborasi dengan Pasien, Kolaborasi tim, komunikasi, peran dan Tanggugjawab antara pre dan post intervensi Inter Profesional Colaboration serta Inter Professional Education (IPE) Pada Skill Kolaborasi Antar Profesi efiktif diterapkan dalam metode pembelajaran.
References
Bridges DR, Davidson RA, Odegard PS, et al. Interprofessional collaboration: three best practice models of interprofessional education. Med Educ Online. 2011; 10.3402/meo.v16i0.6035
Ilmanita D, Rokhman MR. Peran Interprofesional Education Terhadap Persepsi Keterlibatan Apoteker Dalam Kolaborasi Antar Profesi. Jurnal Manajemen Farmasi. 2014;4 (3)
Nagge JJ, Leepoy MF, Richard CL. Evaluation of a Unique Interprofessional Education Program Involving Medical and Pharmacy Students. American Journal of Education. 2017;81(10)
Legare F, Stacey D, Gagnon S, et al. Validating a conceptual model for an interprofessional approach to shared decision making: a mixedmethods study. J Eval Clin Pract. 2010; 23(4)
Olson R, Bialocerkowski A. Interprofessional education in allied health: a systematic review. Med Educ. 2014;48(3)
Sedyowinarso M, Mora C. Buku acuan umum CFHCIPE: Interprofessional Education (IPE), Communication And Interprofessional Teamwork. Yogyakarta: FK UGM. 2015
Sundari S, Rai H. Interprofessional Education (Ipe) Improves Students’ Communication Skills: A Literature Review. The Indonesian Journal of Medical Education. 2021;10(2).
World Health Organization. Departement of Human Resources for Health. Framework for Action on Interprofessional Education and Collaborative Practice. 2010
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.